Karakterisitik
kurikulum 2013 akan mengalami banyak sekali perubahan, baik itu mulai
jenjang SD sampai dengan SMA, beberapa mata pelajaran akan dipangkas
atau ditiadakan. Mulai tahun pelajaran ini (2013/2014), kurikulum
SD/SMP/SMA/SMK mengalami perubahan-perubahan antara lain mengenai
proses pembelajaran, jumlah mata pelajaran, dan jumlah jam pelajaran.
Beberapa
hal yang baru pada kurikulum mendatang antara lain:
SD/MI
(Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah)
- Kurikulum
2013 berbasis pada sains.
- Kurikulum
2013 untuk SD, bersifat tematik integratif.
- Kompetensi yang ingin dicapai adalah kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.
- Proses
pembelajaran menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik
melalui penilaian berbasis tes dan portofolio saling melengkapi.
Struktur
Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:
NO
|
MATA
PELAJARAN
|
Alokasi
Waktu Belajar Perminggu
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
IV
|
||
Kelompok A | |||||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
5
|
6
|
6
|
4
|
4
|
4
|
3
|
Bahasa Indonesia |
8
|
8
|
10
|
7
|
7
|
7
|
4
|
Matematika |
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam |
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Sosial |
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
Kelompok B | |||||||
1
|
Seni
Budaya dan Prakarya (termasuk muatan lokal)* |
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
2
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (termasuk muatan lokal) |
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
Jumlah
Alokasi Waktu Perminggu
|
30
|
32
|
34
|
36
|
36
|
36
|
*Muatan
lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kegiatan
Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- UKS
- PMR
Kelompok
A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih
kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata
pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.
Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan
makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang
berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan
VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian
diintegrasikan ke dalam tema-tema yang
ada
untuk kelas IV, V dan VI.
SMP/MTs
(Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah)
Struktur
Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:
NO
|
MATA
PELAJARAN
|
Alokasi
Waktu Belajar Perminggu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok A | ||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
3
|
3
|
3
|
3
|
Bahasa Indonesia |
6
|
6
|
6
|
4
|
Matematika |
5
|
5
|
5
|
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam |
5
|
5
|
5
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Sosial |
4
|
4
|
4
|
7
|
Bahasa Inggris |
4
|
4
|
4
|
Krlompok B | ||||
1
|
Seni
Budaya dan Prakarya (termasuk muatan lokal)* |
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (termasuk muatan lokal) |
3
|
3
|
3
|
3
|
Prakarya(termasuk muatan lokal) |
2
|
2
|
2
|
Jumlah
Alokasi Waktu Perminggu
|
38
|
38
|
38
|
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Ekstra
Kurikuler SMP/MTs antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- OSIS
- UKS
- PMR
Kelompok
A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih
kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata
pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.
Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah.
Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang disesuaikan dengan
minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.
IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam.Disamping itu, tujuan pendidikan IPS menekankan pada pengetahuan tentang bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah NKRI. IPA juga ditujukan untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan berbagai keunggulan wilayah nusantara
SMA/MA (Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah)
Struktur
kelompok mata pelajaran wajib dalam kurikulum SMA/MA adalah sebagai
berikut:
NO
|
MATA
PELAJARAN
|
Alokasi
Waktu Belajar Perminggu
|
||
X
|
XI
|
XII
|
||
Kelompok A (Wajib) | ||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia |
4
|
4
|
4
|
4
|
Matematika |
4
|
4
|
4
|
5
|
Sejarajh Indonesia |
2
|
2
|
2
|
6
|
Bahasa Inggris |
2
|
2
|
2
|
Kelompok B (Wajib) | ||||
7
|
Seni
Budaya dan Prakarya (termasuk muatan lokal)* |
3
|
3
|
3
|
8
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (termasuk muatan lokal) |
3
|
3
|
3
|
9
|
Prakarya(termasuk muatan lokal) |
2
|
2
|
2
|
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per minggu |
24
|
24
|
24
|
|
Kelompok C (Permintaan) | ||||
Mata Pelajaran Peminatan Akademik (SMA/MA) |
18
|
20
|
20
|
|
Jumlah
Alokasi Waktu Perminggu
|
42
|
44
|
44
|
Keterangan:
*Muatan
lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kelompok
Mata Pelajaran Peminatan
Kelompok
mata pelajaran peminatan bertujuan (1) untuk memberikan kesempatan
kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok mata
pelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan
(2) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau
keterampilan tertentu. Lengkapnya download diwawah ini.
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !